koran swara kampung

Selasa, 28 Mei 2013

KOMUNITAS OJEK PEJERUK

pejerukONLINE. Salah satu dampak modernisasi adalah semakin banyaknya pengangguran karena kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia.  Walaupun modernisasi tidak bisa disalahkan 100%, namun dampak itu semakin terasa.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Pejeruk, tentu juga terjadi di banyak tempat di negeri ini.  Karena kurangnya Kreatifitas dan tingkat SDM yang ala kadarnya, karena faktor ekonomi yang dibawah garis "kenyamanan".  Mereka tidak tahu harus bagaimana menyikapi hidup dan perkembangan zaman.  Alih-alih berharap mendapatkan pekerjaan, bermimpipun sepertinya sulit, tutur Rusli (36 tahun) seorang pemuda asal pejeruk perluasan yang kini berprofesi sebagai tukang ojek.dan Sukrin juga terpaksa harus mengojek pagi hari karena penghasilannya di dinas kebersihan tidak mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Namun, sejak 3 tahun terakhir ini, geliat pemuda di Kelurahan Pejeruk sedikit terasa.  Beberapa dari mereka membentuk sebuah komunitas.  Komunitas yang mereka bentuk adalah Komunitas Ojek Kelurahan Pejeruk yang bermarkas di Pos Kamling Kelurahan.  Hingga saat ini Komunitas Ojek ini beranggotakan 15 orang.  "Penghasilannya sih sedikit bro, cuma 25 ribu perhari," ungkap Rusli, "tapi bisa juga kurang, makanya Alhamdulillah kalau bisa sampai dapat segitu." jelasnya pada pejerukONLINE dan swara kampung. 
Penghasilan mereka bisa bertambah atau lebih kalau ada langganan antar jemput, seperti mengantar jemput anak-anak sekolah ungkap Di Kedeng salah seorang anggota komunitas ojek yang di amini Wahyu rekan ojeknya yang saat itu sedang santai sambil tiduran di sebuah kursi panjang yang ada disana. 

Tak terasa matahari sudah nongkrong diatas kepala, panasnya makin menyengat, tanda bahwa mereka para ojekkers segera bergerak melaksanakan tugas mereka.  Karena jam pulang sekolah sudah dimulai, raungan motor merekapun memecah panas dan berlalu, menyisakan asap motor mereka di antara debu jalanan.  Mengejar harapan dan mimpi akan hari depan yang lebih baik. [Weg]




Share this post
Comment With:
OR
The Choice is Yours!

Tidak ada komentar:

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© PEJERUK ONLINE
Designed by BlogThietKeCooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top