koran swara kampung

Sabtu, 04 Mei 2013

Manfaat Buah Naga

Belum banyak diketahui orang, tentang buah yang satu ini.  Bernama sama dengan nama seekor binatang yang menjadi legenda terutama di negeri cina.  Buah Naga yang berasal dari daratan Amerika Tengah ini sangat populer.  Buah yang memiliki nama latin Hylocereus Polyrhizus saat ini banyak dibudidayakan oleh petani lokal karena penanamannya yang mudah dan tidak membutuhkan modal besar.  pertama kali muncul buah ini memiliki harga yang cukup mahal bahkan sejajar dengan apel impor dari selandia Baru tapi kini harganya sudah jauh lebih terjangkau. Kandungan zat atau nutrisi didalam Buah Naga ternyata memiliki khasiat sama seperti Manfaat Buah Apel. Berikut 10 Manfaat Buah Naga yang harus anda ketahui.

  1. Menghambat Penuaan Dini.  Anti oksidan yang terkandung dalam Buah naga dapat menghambat proses penuaan dini yang biasa dialami oleh seseorang yang setiap harinya terpapar oleh polusi udara. Kandungan yang terdapat dalam buah naga akan mengeluarkan racun dalam tubuh secara efektif, sama efektifnya dengan buah apel.
  2. Mencegah Kanker. Anti oksidan selain berguna untuk menghambat penuaan dini juga terbukti ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh manusia. Buah yang memiliki rasa hambar sedikit manis dengan biji kecil yang dapat dikonsumsi oleh semua lapisan usia. Namun, ada juga seseorang yang tidak menyukai buah lembek ini.
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalam buah Naga cukup tinggi, itulah sebabnya mengapa buah ini sangat baik dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan.  Bila anda sering terkena flu khususnya disaat perubahan musim yang tidak menentu seperti sekarang ini.  Sebaiknya konsumsilah buah Naga secara teratur setiap hari.  
  4. Meningkatkan Nafsu Makan.   jika saat ini anda sedang mengalami masa dimana nafsu makan turun, sebaiknya konsumsilah buah naga.  Selain kandungan Vitamin C yang tinggi.  Ternyata di dalam buah naga juga terkandung Vitamin B1 dan B2 yang sudah sejak lama diandalkan oleh dunia pengobatan sebagai penambah nafsu makan.  Khususnya dalam masa penyembuhan dari penyakit.
  5. Menurunkan Kadar Kolesterol.  Selain Vitamin B1 dan B2, buah naga juga banyak menyimpan Vitamin B3 yang, jika di konsumsi secara teratur dapat menurunkan kolesterol dalam darah secara efektif.  Jika kolesterol dalam darah menurun maka seseorang akan dijauhkan dari yang namanya gangguan peredaran darah dan jantung.
  6. Memperkuat Tulang Dan Gigi.  Didalam satu buah naga terdapat kandungan fosfor dan kalsium yang melimpah.  Itulah sebabnya jika seseorang mengkonsumsi buah naga secara teratur keadaan tulang dan giginya jauh lebih baik ketimbang seseorang yang tidak pernah makan buah naga.  Bagi anda yang kini menginjak usia senja sebaiknya mengkonsumsi buah naga karena dapat mencegah terjadinya kerapuhan tulang atau osteoporosis.
  7. Mencegah Diabetes Melitus.  Saat ini penyakit Degenatif merupakan momok tersendiri bagi seseorang yang setiap harinya mengkonsumsi makanan tak sehat.  Apalagi orang tersebut menjalani kehidupan dengan pola hidup tidak sehat.  Kemungkinan besar dimasa tuanya akan mengalami penyakit Degeneratif yang saat ini jumlahnya semakin meningkat mengalahkan penyakit infeksi.  Jika anda sadar akan hal itu dan takut terjangkit Diabetes Melitus sebaiknya mulai sekarang konsumsilah buah naga karena didalamnya terkandung zat yang efektif untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
  8. Merawat Kesehatan Mata.  Tak hanya Vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga mata agar tetap sehat.  Karoten, juga bermanfaat atas kesehatan mata yang kita miliki.  Didalam Manfaat Buah Naga, terdapat kandungan karoten yang sangat baik untuk mata bila dikonsumsi.
  9. Merawat Jantung Agar tetap Sehat.  Selain olahraga yang teratur, konsumsi makanan sehat juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung.  Jika anda bingung menentukan buah apa yang sehat untuk jantung, sebaiknya pilih buah naga untuk menjadi satu menu utama makanan sehat anda mulai sekarang.  Kandungan Vitamin C, B1, B2 dan B3 didalam buah yang dijuluki Dragon Fruit karena bentuknya yang mirip sisik seekor naga ini sangat baik untuk kesehatan jantung anda.
  10. Merawat kesehatan kulit.  Jika saat ini anda sedang mengalami masalah pada kulit khususnya jerawat, tak perlu khawatir.  Sebab, didalam buah naga terdapat kandungan Vitamin C yang dapat kita andalkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara sehat.  Caranya pun mudah.  Resep Jus Buah Naga :
 1/2 Buah Naga
 1 Sendok Makan Madu
 2 Sendok Teh Air Perasan Jahe
 1/4 Gelas Air Putih
 5 Biji Es Batu Kotak

Cara Membuat ;
- Buah naga dipotong kecil seukuran dadu
- Campurkan Madu, Perasan Air jahe, air putih, es batu dan buah naga yang sudah dipotong
- Masukkan kedalam Blender, dan diblender hingga lembut dan halus
- Sajikan dalam gelas. 
Share this post
Comment With:
OR
The Choice is Yours!

Tidak ada komentar:

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© PEJERUK ONLINE
Designed by BlogThietKeCooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top